Hadiri Festival UMKM Inotek-SEU, Ariza Tekankan Pentingnya Kolaborasi

Bisnis Jakarta Raya News Terkini

JAKARTA, JAKARTA TERKINI.COM- Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria menghadiri Festival UMKM Inovatif dan Kreatif yang diinisiasi oleh Yayasan Inovasi Teknologi Indonesia (INOTEK) bekerja sama dengan Sampoerna Untuk Indonesia (SUI) secara daring, di Balai Kota Jakarta, Jakarta Pusat, Jumat (24/12).

Ia menekankan pentingnya kolaborasi bagi UMKM di Indonesia dalam upaya pemulihan dampak pandemi COVID-19. Dengan demikian, UMKM dapat bangkit, lapangan kerja meningkat, sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan, menjaga ketahanan dan pertumbuhan ekonomi nasional.

“Kita harapkan festival ini menjadi momentum mengembalikan semangat pelaku usaha di Jakarta. Pandemi belum berlalu, kita masih harus waspada. Kita tidak boleh pasrah, harus berjuang, terus berkolaborasi dan bangkit bersama seluruh elemen masyarakat. Berkat bantuan (kolaborasi) berbagai pihak dan komitmen pemerintah untuk membantu melalui suntikan modal, pembinaan dan bimbingan teknis yang lebih intensif, UMKM di Jakarta mulai bangkit kembali,” kata politisi Geriza yang biasa disapa Ariza ini.

Ariza menjelaskan, bisnis UMKM unggul dalam hal jumlah unit usaha, sehingga membentuk kegiatan perekonomian yang memiliki peran penting, besar, dan strategis dalam pembangunan nasional. Sektor UMKM menjaga ketahanan ekonomi, sebab merupakan pilar penyangga utama perekonomian nasional dan daerah, serta sebagai penyumbang lebih dari 60% Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia. Untuk itu, bisnis UMKM sangat menjanjikan apabila dikelola dengan baik dan profesional.

“Dari sisi ketahanan usaha, UMKM membuktikan bisa survive di tengah krisis ekonomi. Namun, di masa pandemi, UMKM menjadi sektor yang paling terdampak. Mengingat, berbagai pembatasan sosial mengganggu rantai pemasaran, sehingga daya beli konsumen yang melemah, bahan baku menjadi mahal, dan sebagainya. Karena itu, keberadaan UMKM di masa pandemi ini harus terus ditopang agar mampu terus bertahan,” ujarnya.

Seperti diketahui, sejalan dengan visi Jakarta, maka untuk mendorong dan memberdayakan potensi UMKM, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah berupaya meningkatkan dan memberi ruang bisnis/usaha melalui program Jakpreneur dan bermitra bersama pengembang ekonomi digital beberapa brand startup. “Jakpreneur saat ini mudah diakses, dan siap berkolaborasi dengan pelaku usaha di DKI Jakarta. Jadi, silakan manfaatkan pelayanan ini dan kita bersama menuju kesuksesan,” terangnya.

Ariza pun mengatakan, sistem yang baik tidak akan efektif dan efisien tanpa kesadaran dari warga DKI Jakarta, khususnya pelaku usaha. “Oleh karena itu, besar harapan kami, para pelaku UMKM terus berbenah diri untuk menjawab tuntutan pasar, terlebih lagi persaingan pasar yang semakin kompetitif. Tidak henti-hentinya saya sampaikan, bahwa untuk menjadi besar, maka kita harus terus bersinergi dan berkolaborasi,” ungkapnya.

Pada acara yang turut dihadiri oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno, Ariza pun berharap, kegiatan tersebut menjadi motivasi bagi para pelaku UMKM untuk dapat mengelola usahanya dengan baik dan profesional, meningkatkan kreativitas, membuka wawasan dan memaksimalkan peluang bisnis. “Sehingga, tetap eksis dan menjadi tuan rumah di negeri sendiri serta siap memasuki pasar global. Tunjukkan jika produk kita mampu bersaing tidak hanya dikancah nasional, tetapi juga dikancah internasional,” tandasnya (Mutma)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *